Skip to main content

Screw Air Compressor (Kompresor Sekrup)

Screw Compressor (Prinsip Kerja, Jenis dan Keuntungan Serta Kelebihannya)

Seperti yang dibahas pada artikel saya sebelumnya tentang Mengenal Berbagai Jenis Kompresor Udara atau Gas Yang Umum Digunakan, terdapat salah satu jenis kompresor putar perpindahan positif (rotary positive displacement) yakni Screw Air Compressor. Kompresor jenis ini menggunakan 2 buah mekanisme putar berbentuk screw yang berpasangan dan biasa kita sebut dengan screw jantan dan screw betina.

perpindahan positif rotary positive displacement Screw Air Compressor Oil Injected Screw Compressor Oil Free Screw  Compressor Kompresor Sekrup

Prinsip Kerja Kompresor Sekrup

Kompresor sekrup mempunyai sepasang rotor berbentuk sekrup, satu mempunyai alur dengan permukaan cembung sementara lainnya memiliki permukaan cekung. Kedua sekrup ini berputar dalam arah yang berlawanan seperti halnya 2 buah roda gigi.
 

Kedua sekrup ini berada dalam sebuah housing, apabila sekrup berputar maka ruang yang terbentuk antara bagian cekung dari sekrup cekung dengan dinding rumah sekrup akan bergerak ke arah aksial sehingga udara akan dimampatkan. Perhatikan gambar dibawah ini :

perpindahan positif rotary positive displacement Screw Air Compressor Oil Injected Screw Compressor Oil Free Screw  Compressor Kompresor Sekrup

Gambar (a) memperlihatkan bahwa udara diisap sepenuhnya melalui lubang isap masuk ke dalam ruang alur. Isapan ini akan selesai setelah ruang alur cekung tertutup seluruhnya oleh dinding rumah sekrup.

Gambar (b) memperlihatkan pertengahan proses kompresi dimana volume udara di dalam ruang alur sudah ada di tengah.

Gambar (c) memperlihatkanakhir kompresi dimana udara yang terkurung sudah mencapai lubang keluar di ujung kanan atas dari rumah sekrup.

Gambar (d) memperlihatkan udara yang terkurung dalam salur tadi telah dikeluarkan sebagian sehingga tinggal sebagian yang akan diselesaikan.

Dari uraian di atas jelas bahwa proses pengisapan, kompresi dan pengeluaran dilakukan secara berurutan oleh sekrup dan dengan demikian fluktuasi aliran maupun momen puntir poros menjadi sangat kecil. Selain itu, kedua sekrup yang seimbang dan murni berputar tanpa ada bagian yang bergerak bolak balik akan sangat mengurangi getaran.
 

Kompresor ini biasanya beroperasi dengan putaran tinggi dan biasanya jumlah gigi atau alur pada sekrup yang beralur cembung adalah 4 buah sedangkan untuk sekrup cekung berjumlah 6 buah. Terdapat 2 jenis kompresor screw yakni jenis oil-injected screw compressor dan oil-free screw compressor.

Oil Injected Screw Compressor

Pada kompresor jenis ini, minyak dalam jumlah yang besara di injeksikan ke dalam pasangan alur sekrup yang sedang saling berkait pada proses kompresi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi temperatur udara yang sedang terkompresi agar proses kompresinya berjalan secara isothermal. Kemudian untuk merapatkan celah antara alur-alur sekrup yang berkait dengan dinding rumah sekrup sehingga kebocoran dapat dikurangi Dan yang terkhir adalah utuk memberikan pelumasan yang cukup pada kedua sekrup yang saling berkait.


Udara yang diisap melalui saringan isap masuk ke dalam kompresor melalui katup tekan isap. Setelah dimampatkan laulu dialirkan bersama minyak injeksi kedalam pemisah minyak yang berfungsi pula sebagai penampung minyak. Udara yang dikompresikan setelah dippisahkan dari minyak lalu disalurkan melalui ketup cegah pengatur tekanan. Minyak di dalam penampung selanjutnya didinginkan oleh pendingin minyak lalu diinjeksikan kembali ke dalam kompresor oleh pompa roda gigi yang dihubungkan langsung dengan ujung poros sekrup kompresor.

Oil Free Screw  Compressor

Udara dikompresikan samapai tekanan menengah oleh kompresor tingkat pertama, kemudian didinginkan di pendingin antara. Pada tingkat kedua udara dikompresikan lebih lanjut sampai tekanan keluara dan didinginkan lagi di pendingin akhir. Pada pipa keluaran dipasang katuo cegah. Berbeda dengan jenis oil injected, kompresor ini tidak mempergunakan minyak di antara kedua rotornya sehingga udara yang dihasilkan akan lebih bersih dan bebas minyak.

Keuntungan dan Kekurangan Kompresor Sekrup

Setiap mesin pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk kompresor sekrup sendiri dibandingkan dengan kompresor positif displacement yang lainnya adalah memiliki keuntungan dapat beroperasi 24 jam nonstop, dapat menghasilkan tekanan yang lebih tinggi dan tingkat noise relatif rendah.

Namun dibalik kelebihannya itu, kompresor jenis ini memiliki kekurangan dalam hal harga yang lebih mahal serta tidak memiliki tangki air receiver sehingga membutuhkan tangki terpisah dan pastinya mengeluarkan biaya tambahan.

Baca juga : Air Blower Jenis Roots

Demikian artikel tentang Screw Air Compressor, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

 

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Pressure Safety Valve dengan Pressure Relief Valve

Di dalam dunia industri, khususnya di sistem instalasi pemipaan maupun pressurize storage tank pasti dilengkapi dengan safety device berupa pressure safety valv e (PSV) maupun pressure relief valve (PRV) . Secara fungsional memanglah kedua safety device ini hampir memiliki fungsi yang sama yaitu membuang tekanan berlebih di dalam suatu sistem. Pressure safety valve (PSV) digunakan dalam sistem aliran berupa gas sedangkan pressure relief valve (PRV) digunakan dalam sistem aliran berupa cairan atau liquid . Jenis yang paling banyak digunakan untuk kedua safety device ini adalah jenis pengaman pegas yang dilengkapi dengan sekrup penyetel tekanan yang memungkinkan kita untuk mengatur nilai tekanan kerja dari kedua safety device ini sesuai dengan yang dibutuhkan. Apabila ditinjau dari cara kerjanya kedua safety device ini memiliki suatu perbedaan.  Pressure safety valve akan membuka secara spontan ketika terdapat tekanan berlebih yang mampu mendorong pegas dan jika tekanan tersebut

Auto Drain Compressor

Auto Drain Compressor Di dunia industri modern, penggunaan kompresor tidak dapat dipungkiri lagi demi memenuhi kebutuhan proses produksi. Udara tekan (c ompressed air ) banyak digunakan pada komponen-komponen pneumatic dan instrumentasi pada suatu mesin. Contohnya saja bisa kita lihat pada bengkel-bengkel kendaraan bermotor dimana udara tekan ini dimanfaatkan sebagai tenaga untuk menggerakkan motor pneumatic pada tool impact untuk membuka baut-baut kendaraan bermotor. Sedangkan pada instrumentasi industri biasanya udara tekan ( compressed air ) digunakan untuk mengontrol pergerakan valve . Valve yang dikontrol ini biasanya membutuhkan ketepatan waktu buka maupun posisi valve yang berada pada daerah yang tidak dapat dijangkau oleh manusia atau karena safety factor . Udara tekan yang dihasilkan oleh kompresor akan didinginkan di after cooler lalu ditampung di dalam suatu air receiver tank . Udara tekan yang ada di dalam air receiver tank tidaklah murni 100% udara tekan melainkan

Steam Separator

Steam Separator Steam separators adalah suatu benda yang digunakan untuk memisahkan kandungan air tersuspensi yang terdapat dalam aliran steam . Steam basah pasti mengandung sejumlah air dan hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus karena kandungan air ini dapat menurunkan produktivitas pabrik dan kualitas produk serta dapat menyebabkan kerusakan pada tiap komponen sistem instalasi steam seperti mempercepat korosi, mengikis lapisan plug dari valve-valve isolasi, mengganggu kinerja flow meter steam dan lebih ekstemnya lagi dapat mengakibatkan ledakan akibat dari air kondensat yang tidak dibuang sehingga menumpuk di satu tempat. Steam separators dipasang pada sistem instalasi pemipaan steam dan digunakan untuk menghilangkan tetesan air tersuspensi dalam steam yang nantinya akan mengendap di bagian bawah badan separator untuk kemudian dibuang melalui steam trap . Baca juga : Steam Traps Steam yang dihasilkan oleh boiler pada umumnya menghasilkan steam jenuh yang mengandun