Skip to main content

Steam Boiler (Ketel Uap)

Steam Boiler (Ketel Uap)

Pengertian Boiler (Ketel uap)

Apa itu mesin boiler?
Boiler adalah suatu mesin yang mengubah air menjadi uap panas (steam) yang nantinya bisa digunakan oleh user untuk keperluan tertentu, baik itu untuk keperluan produksi maupun sebagai energi panas pada pembangkit listrik. Prinsip kerja boiler hampir sama dengan ketika kita merebus air di dalam ceret/ketel.

Steam boiler adalah fire tube water tube demineralize water deaerator boiler body burner economizer safety device pompa boiler cerobong condensate

Jenis-jenis boiler

Hingga sampai saat ini, jenis boiler berdasaran pipa yang ada di dalamya diketahui ada 2 macam, yaitu boiler tipe water tube dan tipe fire tube. Sedangkan menurut bahan bakarnya terdapat boiler dengan bahan bakar gas, petroleum (solar dsb.), batu bara, kayu  bakar serta boiler elektrik.

Boiler Water Tube

https://mechanicalutilities.blogspot.com/2020/09/steam-boiler-ketel-uap.html

Boiler jenis ini merupakan jenis dimana pipa-pipa yang ada di dalam bodi boiler digunakan untuk mengalirkan air umpan (air umpan di dalam pipa) dan api dari burner memanaskan bagian luar pipa tersebut.

Boiler Fire Tube

Steam boiler adalah fire tube water tube demineralize water deaerator boiler body burner economizer safety device pompa boiler cerobong condensate

Untuk jenis ini merupakan kebalikan dari jenis water tube, yakni pipa-pipa di dalam bodi boiler digunakan untuk mengalirkan api atau panas (api di dalam pipa) dan air umpan berada di luar pipa-pipa tersebut.

Baca juga : Air Handling Unit (AHU)

Komponen Utama Pada Boiler System

Demineralize Water

Demineralize water (air demin) adalah air umpan yang digunakan untuk boiler dimana kandungan mineral dalam air umpan ini sudah dihilangkan sebelum masuk ke unit boiler sehingga pipa untuk jalur air di dalam boiler bisa terhindar dari kerusakan.

Deaerator Sistem

Sebelum masuk ke boiler unit, air umpan akan dialirkan menuju deaerator terlebih dahulu untuk mendapatkan threatment berupa pemanasan awal sebelum masuk ke dalam boiler unit sehingga kerja boiler tidak terlalu berat dalam memanaskan air umpan tersebut sampai menjadi uap panas (steam). Panas yang digunakan di deaerator berasal dari steam condensate boiler yang berasal dari user dan bisa juga menggunakan steam low pressure yang berasal dari boiler.

Boiler Body

Boiler body adalah wadah untuk menampung air umpan sekaligus sebagai tempat pemanasan air umpan tersebut. Umumnya boiler body berbentuk tabung maupun kotak dengan dilengkapi oleh pipa-pipa kecil di bagian dalam boiler tersebut sebagai tempat/jalur mengalirnya air umpan atau api tergantung pada jenis boiler tersebut.

Burner

Steam boiler adalah fire tube water tube demineralize water deaerator boiler body burner economizer safety device pompa boiler cerobong condensate

Burner merupakan sumber panas utama boiler, burner menghasilkan api yang digunakan untuk memanaskan air umpan yang ada di dalam boiler. Biasanya bahan bakar yang digunakan berupa gas, petroleum, batu bara maupun kayu bakar.

Baca juga : Air Blower Jenis Roots

Economizer

Economizer merupakan suatu komponen boiler yang memanfaatkan panas buangan dari dalam boiler yang melewati cerobong guna memanaskan kembali air umpan yang sebelumnya sudah dipanaskan di dalam deaerator. Tujuannya sama dengan deaerator yakni mengurangi beban boiler dalam memanaskan air umpan sehingga pemakaian bahan bakar bisa lebih efisien. Untuk boiler generasi terbaru umumnya dilengkapi dengan komponen ini.

Safety device

Safety device merupakan komponen keselamatan yang pasti ada di dalam suatu sistem, keselamatan disini bisa mengacu pada keselamatan pengguna maupun keselamatan mesin itu sendiri. Misalnya untuk mencegah terjadinya kebakaran pada boiler, pada burner dilengkapi dengan flame detector yang berfungsi untuk mendeteksi adanya api di dalam ruang bakar boiler yang apabila tidak ada api dalam boiler maka alat ini akan menginstruksikan pada modul HMI untuk memutus aliran bahan bakar.

Pompa

Steam boiler adalah fire tube water tube demineralize water deaerator boiler body burner economizer safety device pompa boiler cerobong condensate

Pompa digunakan dalam sistem boiler untuk mengalirkan air umpan yang berasal dari deaerator maupun economizer ke dalam boiler body sehingga suplai air umpan ke dalam boiler tetap ada. 

Demikian artikel tentang Steam Boiler, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Auto Drain Compressor

Auto Drain Compressor Di dunia industri modern, penggunaan kompresor tidak dapat dipungkiri lagi demi memenuhi kebutuhan proses produksi. Udara tekan (c ompressed air ) banyak digunakan pada komponen-komponen pneumatic dan instrumentasi pada suatu mesin. Contohnya saja bisa kita lihat pada bengkel-bengkel kendaraan bermotor dimana udara tekan ini dimanfaatkan sebagai tenaga untuk menggerakkan motor pneumatic pada tool impact untuk membuka baut-baut kendaraan bermotor. Sedangkan pada instrumentasi industri biasanya udara tekan ( compressed air ) digunakan untuk mengontrol pergerakan valve . Valve yang dikontrol ini biasanya membutuhkan ketepatan waktu buka maupun posisi valve yang berada pada daerah yang tidak dapat dijangkau oleh manusia atau karena safety factor . Udara tekan yang dihasilkan oleh kompresor akan didinginkan di after cooler lalu ditampung di dalam suatu air receiver tank . Udara tekan yang ada di dalam air receiver tank tidaklah murni 100% udara tekan melainkan

Perbedaan Pressure Safety Valve dengan Pressure Relief Valve

Di dalam dunia industri, khususnya di sistem instalasi pemipaan maupun pressurize storage tank pasti dilengkapi dengan safety device berupa pressure safety valv e (PSV) maupun pressure relief valve (PRV) . Secara fungsional memanglah kedua safety device ini hampir memiliki fungsi yang sama yaitu membuang tekanan berlebih di dalam suatu sistem. Pressure safety valve (PSV) digunakan dalam sistem aliran berupa gas sedangkan pressure relief valve (PRV) digunakan dalam sistem aliran berupa cairan atau liquid . Jenis yang paling banyak digunakan untuk kedua safety device ini adalah jenis pengaman pegas yang dilengkapi dengan sekrup penyetel tekanan yang memungkinkan kita untuk mengatur nilai tekanan kerja dari kedua safety device ini sesuai dengan yang dibutuhkan. Apabila ditinjau dari cara kerjanya kedua safety device ini memiliki suatu perbedaan.  Pressure safety valve akan membuka secara spontan ketika terdapat tekanan berlebih yang mampu mendorong pegas dan jika tekanan tersebut

Steam Separator

Steam Separator Steam separators adalah suatu benda yang digunakan untuk memisahkan kandungan air tersuspensi yang terdapat dalam aliran steam . Steam basah pasti mengandung sejumlah air dan hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus karena kandungan air ini dapat menurunkan produktivitas pabrik dan kualitas produk serta dapat menyebabkan kerusakan pada tiap komponen sistem instalasi steam seperti mempercepat korosi, mengikis lapisan plug dari valve-valve isolasi, mengganggu kinerja flow meter steam dan lebih ekstemnya lagi dapat mengakibatkan ledakan akibat dari air kondensat yang tidak dibuang sehingga menumpuk di satu tempat. Steam separators dipasang pada sistem instalasi pemipaan steam dan digunakan untuk menghilangkan tetesan air tersuspensi dalam steam yang nantinya akan mengendap di bagian bawah badan separator untuk kemudian dibuang melalui steam trap . Baca juga : Steam Traps Steam yang dihasilkan oleh boiler pada umumnya menghasilkan steam jenuh yang mengandun